Kamis, 02 Februari 2012

BINAHONG (makalah anak man 3 kediri)


BINAHONG SEBAGAI SALAH SATU ALTERNATIF OBAT YANG MURAH DAN MUDAH DIDAPAT



DISUSUN OLEH :
IHWAN KHOLIS A.U
RIFQY AL-ASYHAR
RIZKY PERDANA PUTRA

MADRASAH ALIYAH NEGERI KOTA KEDIRI 3
JL. LETJEN SOEPRAPTO 58 TELP. (0354) 687876 KEDIRI
TAHUN 2011

KATA PENGANTAR

Puji syukur alhamdulillah penulis panjatkan kehadiran Allah SWT karena atas limpahan rahmat-Nya yang telah memberikan jalan dan pemikiran sehingga karya tulis yang berjudul “Binahong sebagai salah satu alternatif obat yang murah dan mudah didapat” dapat terselesaikan dengan cukup baik.
Pada kesempatan ini penulis tidak lupa mengucapkan terima kasih pada pihak yang telah membantu baik secara langsung maupun tidak, yaitu :

1. Orang tua kami yang telah banyak memberikan pengetahuan sehingga penulis dapat menyelesaikan karya tulis ini. Dan semua pihak yang telah membantu dan memberikan pengarahan kepada penulis, sehingga karya tulis ini masih jauh dari kesempurnaan.
2. Teman-teman yang telah membantu dalam penyelesain makalah ini.

Untuk itu kritik dan saran demi kebaikan karya tulis ini pada masa mendatang akan sangat membantu penulis. Dan apabila ada kekurangan dari karya tulis ini, penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya. Ibarat tiada gading yang tak retak, tiada sesuatu di dunia ini yang tanpa cela. Semoga karya tulis ini bermanfaat bagi kita semua. Amin.


Kediri, 25 Mei 2011


BAB I
PENDAHULUAN

A.Latar Belakang
Kita ketahui, Indonesia kaya akan tanaman berkhasiat obat. Sejak lama manusia menggunakan tumbuhan dan bahan alam lain sebagai obat untuk mengurangi rasa sakit, menyembuhkan dan mencegah penyakit tertentu, mempercantik diri serta menjaga kondisi badan agar tetap sehat dan bugar. Dari catatan sejarah diketahui bahwa fitoterapi atau terapi menggunakan tumbuhan telah dikenal masyarakat sejak masa sebelum masehi. Hingga saat ini penggunaan tumbuhan atau bahan alam sebagai obat tersebut dikenal dengan sebutan obat tradisional .
Secara turun-temurun, tanaman Binahong dipercaya memiliki beragam khasiat pengobatan mulai dari penyakit ringan hingga penyakit berat, diantaranya merupakan penyakit yang disebabkan oleh mikroorganisme. Namun, hingga kini belum ada penelitian khusus yang menunjukkan kebenaran khasiat tanaman tersebut, baik dengan uji preklinis maupun klinis. Binahong itu sendiri jelas telah diketahui sebagai tanaman obat dari daratan Tiongkok yang dikenal dengan nama asli Dheng San Chi. Tumbuhan ini telah dikenal memiliki kasiat penyembuhan yang luar biasa dan telah ribuan tahun dikonsumsi oleh bangsa Tiongkok, Korea, Taiwan dll. Di kawasan Asia Tenggara, tumbuhan ini merupakan konsumsi wajib penduduk Vietnam ketika melawan invansi Amerika, namun sayangnya tanaman ini masih asing untuk daerah Indonesia Saat ini, obat tradisional baik berupa jamu maupun tanaman obat masih banyak digunakan oleh masyarakat, terutama di kalangan menengah ke bawah. Bahkan dari masa ke masa obat tradisional mengalami perkembangan yang semakin meningkat, terlebih dengan munculnya isu kembali ke alam (back to
nature) serta krisis yang berkepanjangan
Seluruh bagian tanaman menjalar ini berkasiat, mulai dari akar, batang dan daunnya. Pemanfaatannya bisa direbus atau dimakan sebagai lalapan untuk daunnya. Tanaman ini tumbuh merambat. Sering digunakan sebagai gendola atau gapura yang melingkar di atas jalan taman. Ada yang beranggapan binahong berasal dari Korea. Namun tanaman ini sebenarnya sudah lama ada di Indonesia dan biasa disebut gendola (Basella rubra Linn).Hampir semua bagian tanaman binahong seperti umbi, batang dan daun dapat digunakan dalam terapi herbal. Kini bibitnya mudah dibeli di objek wisata Kopeng. Tanaman ini memang tumbuh baik dalam lingkungan yang dingin dan lembab.Dan tamanan yang mulai banyak dimanfaatkan untuk kesehatan adalah Binahong. Berdasarkan data empiris di masyarakat, Binahong dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, antara lain batuk atau muntah darah, penyakit paru-paru, diabetes melitus, radang ginjal, ambeien, disentri, gusi berdarah, luka setelah operasi atau melahirkan, jerawat, luka akibat kecelakaan, luka bakar, meningkatkan vitalitas pria, menjaga stamina, menurunkan kolesterol, dan lain- lain. Namun, belum ada penelitian khusus dengan uji pre klinis maupun klinis yang menunjukkan kebenaran khasiat tanaman tersebut.

B.Rumusan Masalah
1.Apakah Binahong dapat dijadikan salah satu alternatif obat penyembuh luka dan apa kandungan pada Binahong?
2.Khasiat yang paling baik ada pada batang. akar, ataukah daun?
3.Bagaimana cara penggunaan Binahong untuk menyembuhkan penyakit?

C.Tujuan Penelitian
1.Untuk mengetahui apakah Binahong dapat dijadikan alternatif obat penyembuh luka yang murah
2.Untuk mengetahui khasiat yang paling baik antara batang, akar, dan daun Binahong
3.Untuk mengetahui cara yang benar dalam menggunakan Binahong untuk menyembuhkan luka

D.Metodologi
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode studi pustaka atau literatur melalui internet karena melalui internet kita dapat lebih mudah melakukan penelitian karena sumber informasi dari internet lebih banyak dari pada melalui buku

E.Manfaat
Bagi Peneliti : Mengetahui manfaat/khasiat dari binahong.
Bagi Pembaca : Dapat mengetahui khasiat dari binahong.
Dapat membudidayakan binahong.
Dapat memanfaatkan binahong.


BAB II
PEMBAHASAN

A.Binahong











B.Klasifikasi Tumbuhan Binahong
Kingdom : Plantae (tumbuhan)
Subkingdom : Tracheobionta (berpembuluh)
Superdivisio : Spermatophyta (menghasilkan biji)
Divisio : Magnoliophyta (berbunga)
Kelas : Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub-kelas : Hamamelidae
Ordo : Caryophyllales
Familia : Ba se l l a c e a e
Genus : Anredera
Spesies : Anredera cordifolia (Ten.) Steenis

C.Profil Tumbuhan Binahong (Anredera cordifolia (Ten.) Steenis)
Binahong (Latin: Bassela rubra linn, Inggris : Heartleaf maderavine madevine, Cina : Deng san chi) adalah tanaman obat yang tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi dan mempunyai banyak khasiat dalam meyembuhkan berbagai macam penyakit ringan maupun berat. Tanaman ini sudah lama ada di Indonesia tetapi baru akhir-akhir ini saja menjadi alternatif bagi sebagian orang untuk dijadikan obat alami untuk menyembuhkan atau mengurangi beberapa penyakit ringan maupun berat.
Binahong adalah tanaman obat dari daratan Tiongkok yang dikenal dengan nama asli Dheng San Chi. Tumbuhan ini telah dikenal memiliki khasiat penyembuhan yang luar biasa dan telah ribuan tahun lalu dikonsumsi oleh bangsa Tiongkok, Korea, Taiwan, dll. Seluruh bagian tanaman menjalar ini berkhasiat, mulai dari akar, batang, dan daunnya. Pemanfaatannya bisa direbus atau dimakan sebagai lalapan untuk daunnya. Daun binahong yang berciri-ciri: daun tunggal, bertangkai sangat pendek (subsessile), tersusun berseling, berwarna hijau, bentuk jantung (cordata), panjang 5 - 10 cm, lebar 3 - 7 cm, helaian daun tipis lemas, ujung runcing, pangkal berlekuk (emerginatus), tepi rata, permukaan licin, dan bisa dimakan.
Tanaman yang konon berasal dari Korea ini dikomsumsi oleh orang-orang Vietnam pada saat perang melawan Amerika Serikat pada tahun 1950 sampai 1970an. Tanaman ini dikenal juga di kalangan masyarakat Cina dengan nama Dheng San Chi dan telah ribuan tahun dikonsumsi oleh bangsa Tiongkok, Korea, Taiwan dll. Bagian daun dari tanaman inilah yang biasanya dijadikan sebagai obat alami selain dari batang dan umbinya.
Tanaman ini tumbuh merambat. Sering digunakan sebagai gendola atau gapura yang melingkar di atas jalan taman. Ada yang menamainya binahong dan berasal dari Korea. Namun tanaman ini sebenarnya sudah lama ada di Indonesia dan biasa disebut gendola (Basella rubra Linn). Hampir semua bagian tanaman binahong seperti umbi, batang dan daun dapat digunakan dalam terapi herbal. Kini bibitnya mudah dibeli di objek wisata Kopeng. Tanaman ini memang tumbuh baik dalam lingkungan yang dingin dan lembab. Tumbuhan ini berbatang lunak, silindris, saling membelit, berwarna merah, bagian dalam solid, permukaan halus, kadang membentuk semacam umbi yang melekat di ketiak daun dengan bentuk tak beraturan dan bertekstur kasar.
Daun: tunggal, bertangkai sangat pendek (subsessile), tersusun berseling, berwarna hijau, bentuk jantung (cordata), panjang 5 - 10 cm, lebar 3 - 7 cm, helaian daun tipis lemas, ujung runcing, pangkal berlekuk (emerginatus), tepi rata, permukaan licin, bisa dimakan. Bunga: majemuk berbentuk tandan, bertangkai panjang, muncul di ketiak daun, mahkota berwarna krem keputih-putihan berjumlah lima helai tidak berlekatan, panjang helai mahkota 0,5 - 1 cm, berbau harum . Akar: berbentuk rimpang, berdaging lunak.
Manfaat tanaman ini sudah dipetik Soejiyo, mantan karyawan Kanindotex yang biasa nglaju Solo-Semarang setiap kali bekerja. Katanya, binahong adalah herba yang dapat memulihkan stamina yang loyo. Selain meningkatkan vitalitas pria, binahong dapat menyembuhkan luka dalam dan luar seperti setelah operasi, typus, maag, radang usus dan ambeien. Dapat pula mengatasi pembengkakan dan pembekuan darah, memulihkan kondisi lemah setelah sakit, rematik, luka memar terpukul, asam urat dan mencegah stroke.
Untuk pemakaian dalam, Soejiyo meraciknya sebagai berikut: ambil rhizoma (umbi) secukupnya, dicuci bersih, kemudian direbus, setelah dingin disaring dan hasilnya diminum 2-3 kali sehari, Cara ini untuk menyembuhkan luka bekas operasi, maag, typus, disentri, kesegaran jasmani (tambah telur dan madu), mencegah stroke, asam urat dan sakit pinggang. Namun dapat pula umbinya dikeringkan, lalu ditumbuk halus, kemudian dimasukkan dalam kapsul 0,5 mh dan diminum 3 kali sehari. Untuk pemakaian luar, daun dan batang ditumbuk halus kemudian dioleskan pada bagian yang sakit. Bahan ini untuk menyembuhkan memar karena terpukul, kena api (panas), rheumatik, pegal linu, nyeriurat,menghaluskankulit.

Umbi dicampur bahan lain dengan cara direbus bersama daun sirih, temulawak dengan perbandingan ganjil: 7, 9, 13 untuk penyembuhan pembengkakan jantung, pembengkakan lever, kencing manis, kerusakan ginjal dan radang usus besar. Batangnya untuk mengatasi kelemahan laki-laki, yaitu dengan cara diambil getahnya dioleskan pada penis, diamkan beberapa saat kemudian lakukan sanggama dengan istri. Kalau digodog dengan kencur (3 gelas menjadi 1 gelas) diminum tiap malam selama satu minggu, hasilnya juga oke punya.

D.Kandungan Kimia Binahong
Binahong dikenal memiliki kasiat penyembuhan yang luar biasa, dan telah ribuan tahun dikonsumsi oleh bangsa Tiongkok, Korea, Taiwan dll. Hampir semua bagian dari tanaman binahong seperti umbi, batang dan daun dapat digunakan dalam terapi herbal.
Berdasarkan hasil penelitian Binahong mengandung saponin, alkaloid dan polifenol. Sesuai dengan zat kimia yang dikandungnya, binahong (Anredera cordifolia (Ten.) Steenis) berkhasiat sebagai obat batuk atau muntah darah, radang paru-paru, kencing manis, sesak nafas, borok akut yang menahun, darah rendah, radang ginjal, gejala liver, disentri, hidung mimisan, habis bedah operasi, luka bakar, luka akibat benda tajam, jerawat, usus bengkak, gusi berdarah, kurang nafsu makan, melancarkan haid, haid habis bersalin (melahirkan), menjaga stamina tubuh agar tetap sehat, penghangat badan, dan lemah syahwat juga antibakteri.

E. Khasiat Binahong
Secara umum, binahong dapat mempercepat pemulihan kesehatan setelah operasi, melahirkan, khitan, segala luka-luka dalam, radang usus, melancarkan dan menormalkan peredaran dan tekanan darah, mencegah stroke, maag, asam urat, menambah dan mengembalikan vitalitas daya tahan tubuh, wazir (ambeien), melancarkan buang air kecil, buang air besar, diabetes dll. Kasiat Tambahan dari tanaman binahong adalah dapat menyembuhkan sariawan berat, pusing-pusing, dan sakit perut.
1.Manfaat akar: dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit maag, thipus, disentri, dan sebagainya.
2.Manfaat batang: dapat digunakan untuk perawatan kulit.
3.Manfaat daun : dapat menyembuhkan pegal linu, reumatik, luka, dan
sebagainya.
4.Manfaat biji: dapat digunakan untuk menyembuhkan kencing manis,
pembengkakan liver, kerusakan ginjal, dan radang usus besar

Untuk lebih jelasnya, kami sudah mengelompokkan khasiat atau manfaat dari binahong mencaup penyembuhan penyakit ringan dan dan penyembuhan penyait berat :

A. Kategori Penyakit Ringan
• Disentri/buang air besar : 10 lembar daun diminum setiap hari
• Ambeyen berdarah : 16 lembar daun diminum setiap hari
• Hidung mimisan : 4 lembar daun diminum setiap hari
• Habis bedah/operasi : 20 lembar daun diminum setiap hari
• Luka bakar : 10 lembar daun diminum setiap hari
• Kecelakaan/benda tajam : 10 lembar daun diminum setiap hari
• Jerawat : 8 lembar daun diminum setiap hari
• Usus bengkak : 3 lembar daun diminum setiap hari
• Gusi berdarah : 4 lembar daun diminum setiap hari
• Kurang nafsu makan : 5 lembar daun diminum setiap hari
• Kelancaran haid : 3 lembar daun diminum setiap hari
• Habis bersalin/melahirkan : 7 lembar daun diminum setiap hari
• Menjaga stamina tubuh : 1 lembar daun diminum setiap hari
• Penghangat badan : 5 lembar daun diminum setiap hari
• Lemah syahwat : 3-10 lb daun diminum setiap hari.

B. Kategori Penyakit berat :
• Batuk/muntah darah : 10 lembar daun diminum setiap hari
• Paru-paru/bolong : 10 lembar daun diminum setiap hari
• Kencing manis : 11 lembar daun diminum setiap hari
• Sesak nafas : 7 lembar daun diminum setiap hari
• Borok akut(menahun) : 12 lembar daun diminum setiap hari
• Patah tulang : 10-20 lb daun diminum setiap hari
• Darah rendah : 8 lembar daun diminum setiap hari
• Radang ginjal : 7 lembar daun diminum setiap hari
• Gatal-gatal /eksim kulit : 10-15 lb daun diminum setiap hari
• Gegar otak ringan/berat : 10 lembar daun diminum setiap hari.

F. Cara Pengolahan
Cara pengolahan binahong cukuplah mudah, tidak memerlukan banyak alat ataupun bahan lain dalam penggunaan binahong untuk menyembuhkan penyakit. Di bawah ini akan diuraikan secara singkat cara pengolahan binahong :
1. Cara paling mudah memanfaatkan binahong adalah dengan merebusnya atau sebagai campuran saat memasak mi instan dan dimakan langsung sebagai lalapan. Tentu saja, terlebih dulu binahong dicuci bersih di air yang mengalir.

2. Daun, akar, dan batangnya digunakan sebagai obat. Dapat memulihkan stamina yang loyo, meningkatkan vitalitas pria, menyembuhkan luka luar dan dalam. Pemakaian dalam: umbi binahong dicuci bersih, direbus, saring airnya. Minum 2-3 kali sehari untuk menyembuhkan luka bekas operasi, maag, tifus. Bisa juga akar dikeringkan, ditumbuk halus, masukkan ke dalam kapsul, lalu
diminum3kalisehari.

3. Pemakaian luar: daun dan batang ditumbuk halus lalu dioleskan pada bagian
yang sakit. Efektif menyembuhkan memar, rematik, pegal linu, nyeri urat, dan
menghaluskan kulit.
4. Agar bekas operasi caesar cepat kering, ambil akar binahong yang batangnya merah sebanyak 15 gram. Setelah dicuci bersih, rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Saring dan minum selagi hangat. Anda bisa menambahkan sedikit sereh atau gula batu bila suka.
Dan dibawah ini diuraikan secara jelas pengolahan binahong secara mudah berdasarkan penyakitnya.

1.Bengkak dan berdarah karena jatuh atau tergores
• Tumbuk atau kunyah Daun Binahong2 daun atau lebih tergantung bengkak atau luka
• Oleskan pada yang bengkak atau luka secara merata
• Lakukan berulang apabila luka masih basah atau kondisi luka yang parah
Kami sudah melakukan pada si kecil anak saya ketika Jatuh dari sepeda motor ke lantai dan kepala belakang bengakak,Dalam kondisi darurat segera kunyah saja daun binahong sampai halus dan oleskan ke kepala bagian belakang yang bengkak Alhmdulillah dengan ijin Allah keesokan hari bengkak kempas seperti sedia kala atau normal.Dan pada masnya (kakaknya) sering berlari dan kadang jatuh terluka pada lutut atau Tangan Alhamdulillah cukup sekali dioleskan keesokan hari langsung kering

2.Jerawat
• Ambil beberapa Daun binahong 5 daun atau lebih
• 2.Oleskan pada muka secara merata Terutama pada Jerawat
• 3.lalukan sebaiknya sebelum tidur
Lakukan beberapa kali sampai kulit wajah Halus Untuk Hasil Maksimal minum 5-6 Daun binahong di Juz dicampur air satu gelas Bisa dicampur dengan madu supaya rasa enak.

BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN

A.Kesimpulan
1. Binahong dapat dijadikan alternatif obat penyembuh luka yang murah. Karena Binahong mudah didapat disekitar rumah kita tanpa membeli.
2.Khasiat yang baik pada binahong ada pada semua bagian, baik itu batang, daun ataupun akar. Namun yang paling banyak terdapat pada daun.
3.Cara yang baik untuk mengolah binahong sudah diuraikan pada bab pembahasan, dan yang paling efektif adalah dengan merebusnya. Dan apabila tiba-tiba kita jatuh dan terdapat luka atau goresan di permukaan tubuh binahong dapat langsung digunakan dengan cara membasahinya atau dengan dihisap melalui mulut kemudian letakkan dan ratakan di atas permukaan yang terluka atau tergores.

B.Saran
Karena kita sudah megetahui berbagai manfaat dari binahog dan cara pengolahannya maka kami menyarankan untuk mengunakan binahong sebagai salah satu obat alternatif yang murah dan mudah didapat. Dan kami juga menyarankan untuk diadakan pembudidayan khusus binahong.


DAFTAR PUSTAKA

http://www.scribd.com/doc/21981957/KIR-Binahong
http://saungweb.blogspot.com/2009/11/binahong-dan-khasiatnya.html
http://benyaliwibowo.wordpress.com/2008/08/04/binahong-sebagai-obat-kencing-manis-sesak-nafas-darah-rendah-radang-ginjal-muntah-muntah-gegar-otak-ringan
http://www.yousaytoo.com/bearisusanto/manfaat-daun-binahong/37523
http://id.wikipedia.org/wiki/Binahong
http://www.didiksugiarto.com/2009/02/khasiat-binahong.html
www.scribd.com/doc/19009447/khasiat-binahong

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Arigato Gozaisimashe ^_^

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls