Jumat, 03 Februari 2012

Tips Sebelum Kuliah



gambar diambil dari google


Setelah menyelesaikan SMA atau MA, biasanya para siswa/i memilih untuk melanjutkan ke jenjang perguruan yang lebih tinggi. Untuk memilih sebuah perguruan tinggi sebenarnya bukanlah sebuah perkara yang mudah. Ada banyak faktor yang harus dilihat karena masalah ini menyangkut masa depan si siswa/i tersebut.Jangan hanya karena teman anda mendaftarkan diri ke perguruan tinggi tersebut, karena sekali lagi menyangkut MASSA DEPAN. Salah satu langkah saja bisa fatal akibatnya.

1. Minat.

Pahami dulu keinginan Anda. Pikirkan dulu kira-kira Anda ingin masuk ke jurusan apa. Kalau Anda sudah mengetahuinya, Anda akan lebih mudah memilih universitas. Hal tersebut bisa terjadi karena nyaris semua universitas memiliki spesialisasi jurusan masing-masing. Kalau Anda merasa kesulitan dalam memilih jurusan, ada baiknya Anda mendiskusikannya bersama orang tua atau bahkan teman seangkatan Anda. Berdiskusi dengan senior juga dianjurkan agar Anda mengerti enak atau tidaknya mendalami jurusan tersebut. Dan jagan sampai Anda masuk perguaruan tinggi tersebuat denga terpaksa. Kuliahlah di universitas yang benar-benar anda inginkan.

2. Jarak.

Selain minat, Anda juga harus memikirkan jarak kampus Anda dari rumah. Kalau terlalu jauh, terkadang dapat membuat Anda jadi merugi, baik waktu, tenaga, maupun biaya. Namun, hal tersebut dapat diatasi dengan cara ngekost. Tentu Anda harus mengeluarkan uang ekstra apabila ingin ngekost. Namun ada juga beberapa universitas atau perguruan tinggi yang mempunyai asrama mahasiswa jadi tidak perlu binggung.

3. Biaya.

Sebelum Anda memilih sebuah universitas, ada baiknya Anda menyelidiki dan menghitung terlebih dahulu biaya yang diminta oleh pihak perguruan tinggi. Tanyakan atau diskusikan dulu dengan orang tua Anda. Kalau Anda mengalami kesulitan biaya, tidak ada salahnya Anda meminta beasiswa ke perguruan tinggi yang Anda tuju. Namun bagi yang dalam kategori ekonomi yang kurang jangan takut karena banyak sekali beasiswa agar kita bisa kuliah, jangan berkecil hati. Selama kita mau berusaha pasti ada jalan.

4.Perguruan Tinggi (PT)

Selidikilah terlebih dahulu perguruan tinggi yang ingin Anda masuki. Cek terlebih dahulu apakah jurusan yang ingin ambil di perguruan tinggi tersebut memiliki akreditasi yang baik atau tidak. Selidiki juga, apakah perguruan tinggi tersebut memiliki program kuliah yang baik atau tidak. Pikirkan juga, apakah prospek Anda setelah lulus dari perguruan tinggi tersebut. Fasilitas yang disediakan juga perlu jadi faktor penentu. Kalau Anda kesulitan mencari informasi sendiri, tidak ada salahnya Anda menanyakan hal tersebut pada teman atau lulusan yang kuliah di perguruan tinggi tersebut.

Sumber : http://chip.co.id/articles/tips/2010/01/29/memilih-perguruan-tinggi-ternyata-tidak-sulit/ edited by one

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls